Begini Ketika Saya Pertama Kali Pakai Linux, Kamu Bagaimana?


Hallo, kamu sekarang pakai Sistem Operasi apa gan?
Sistem Operasi saat ini ada tiga gan, yaitu: Windows, Linux, MacOSX. Kebanyakan orang di dunia ini pakainya Windows, karena memang Windows adalah Sistem Operasi sejuta umat, yang mudah di gunakan, untuk semua kalangan, termasuk anak-anak.
Tapi Mac OS X pun nggak kalah gan, MacOS X juga mudah digunakan, dan tampilannya sangatlah cantik nan elegan. Namun, untuk MacOSX kamu harus menggunakan Produk dari Apple, jadi nggak sebanyak Windows penggunanya, kecuali kalau kamu menggunakan hackintosh hehhe..
Linux gimana?
Pada awalnya linux memang rada susah, banyak sekali coding, banyak sekali script, sehingga nggak semua orang yang bisa (suka) dengan Linux, hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan Linux, entah itu urusan kampus, materi kuliah, jaringan, dll. 
ngomong-ngomong soal Linux, kamu pernah pakai Linux nggak gan? kalau pernah atau bahkan sekarang membaca artikel ini menggunakan OS Linux, apa yang kamu lakukan saat pertama kali menggunakan Linux?
Beberapa hal dibawah ini adalah kelakuan konyol saya ketika pertama kali menggunakan dan mengenal OS Linux gan:

1. Mencari Aplikasi Windows

Karena memang awalnya saya nggak tau apa-apa soal aplikasi Linux yang ternyata berbeda dengan windows, saya malah mencari Microsoft Office dan kelabakan ketika mau menginstall ke Linux, bahkan sudah download semua aplikasi Windows haha. Oh iya, Linux pertama saya adalah Linux mint 10 Julia, waktu itu tahun 2010-2011 gan, rada lupa sih.

2. Linux jaman dulu masih pakai Driver, jadi saya cari Driver

Jaman dulu, Linux masih menggunakan Driver, terutama pada VGA. Karena itu, saya juga berusaha mencari driver. Nggak seperti sebelumnya yang pakai aplikasi windows, disini saya menemukan Driver khusus untuk linux. Tapi, disinilah masalah baru muncul, saya nggak bisa nginstallnya... :/

3. Pakai Terminal Pertama Kali Langsung Ketagihan

Pertama kali pake terminal adalah untuk eksekusi driver tadi, karena extensinya .sh, jadi saya harus menggunakan perintah ./ di terminal. Setelah itu, saya coba untuk sudo apt-get update, dan sudo apt-get upgrade. Memang hanya itu saja yang saya bisa, namun wah, saya jatuh cinta!

4. Berasa jadi 'hekel', sehingga sering upload screenshot

Karena mungkin waktu itu saya masih bocah dan sering banget di cekokin sama film-film barat tentang hekel. Saya merasa saya ini sudah menjadi hekel kelas kakap goreng gan!. Padahal mah, buka linux cuma melompong wkwk.

5. Mencari Game for Linux

Dulu, SteamOS belum keluar gan, Linux game nya masih seperti game java, jelek minta ampun. Jadi patah hati ketika mencari game ternyata nggak nemu :(

6. Mulai Hafal Command Line

karena mungkin seringnya menggunakan Linux command Line terminal semakin hafal saja, bahkan sudah bisa sudo apt-get update << tanpa copas wkkwkw.

7. Mulai mengerti alur data, logika, coding (kecil-kecil-an), bash code.

Mungkin memang Linux itu tempat yang paling tepat untuk mengasah logika. Semua coding berhubungan dengan output nya itu memungkinkan kita bermain logika gan. Coding disini adalah bash code, dimana dasarnya terminal dibangun dengan bashcode, jadi sedikit-sedikit paham, iya sedikit sekali.

8. Mengenal Python, Gambas. 

Bahasa python pertama kali tau dari Linux, karena banyaknya file .py sehingga membuat saya penasaran apa itu py, dan hasilnya saya edit sendiri. hehhe.

9. Semakin banyak Internet yang terpakai, nggak cocok untuk pengguna kuota

Untungya saya pengguna Internet Unlimited hehe... paket data yang terpakai membengkak gan, yang biasanya palingan kepakai sehari 100-500Mb, ini sehari bisa 1-2 gb busett, nggak cocok untuk pengguna kuota, bisa-bisa kuota sebulan habis dalam sehari. nggak bisa download JAV deh :v ...

10. Belajar dari Google nggak ada guru resmi

Semua hal dilinux saya belajar dari google. Saya sekolah di SMK jurusan TKJ, materi Linux baru di berikan kelas 3, saya minta ke guru, nggak boleh. Oke, saya berfikir nggak ada yang bisa ngehalangin saya belajar, akhirnya kelas 1 saya mulai belajar Linux sendiri, dan kelas 3 nya sudah mulai mahir menggunakan Linux. di Kelas 3 baru di ajari Jaringan.

11. and Finally, I'm Fallin' in Love with 'her'

Linux memang membuat kita penasaran. saya selalu penasaran dengan itu. dan akhirnya jatuh cinta :v
ini pengalaman ku dengan Linux pertama Kali, gimana pengalaman mu?
SHARE

Rava Nasution

I'm Rava Nasution, Writer and Accountant. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com