Looping Pada VB Net

Nah, setelah kemarin kita sudah membahas mengenai kondisi percabangan pada VB, maka sekarang kita membahas kondisi perulangan pada VB atau yang juga biasa disebut dengan loop.
Nah ada kalanya nanti kalian akan membuat sebuah program dengan kondisi perulangan, kondisi perulangan ini digunakan untuk menjalankan suatu blok program secara berulang, pada dasarnya kan suatu program akan menjalankan blok programnya secara terurut atau hanya akan berjalan jika memang program tersebut kita yang menjalankannya secara manual, jadi kan sebuah program itu akan menjalankan sebuah statement yang ditulis terlebih dahulu sampai ke statement terakhir secara berurutan.
Nah kalau dengan perulangan, sebuah program bisa menjalankan sebuah statement atau sebuah blok program secara berulang dan akan berjalan terus menerus sampai suatu kondisi tercapai atau bisa juga dilakukan sebanyak yang sudah kita tentukan, jika kondisinya belum tercapai maka program akan terus berulang.
Misalkan contoh sederhananya nih dalam penjumlahan, kita diperintahkan untuk menjumlahkan dari mulai angka 1 sampai 5, itu kan mudah ya? Kita hanya perlu membuatnya seperti ini :
Dim angka as integer
Angka = 1 + 2 + 3 + 4 + 5
Msgbox(angka)
Mudah kan? Sangat mudah sob, tapi bagaimana kalau kita disuruh untuk menjumlahkan mulai dari angka 1 sampai dengan 1000?, apakah kita harus menuliskannya 1+2+3+4+5…..1000? gak mungkin kan? Nah itulah mengapa ada perulangan, yaitu untuk menyelesaikan masalah seperti itu, contoh sederhananya kaya begitu sob.
Didalam VB.Net sendiri perulangan dibagi lagi menjadi beberapa jenis :
  • While…end while
  • Do…loop
  • For…next            
Nah mari kita bahas satu persatu, kita mulai dari while…end while terlebih dahulu.
  • While…end while.
Adalah salah satu statement perulangan yang digunakan untuk menjalankan suatu blok program secara terus menerus selama kondisi yang ditetapkan menghasilkan nilai True dan akan berhenti jika suatu kondisi yang telah ditetapkan bernilai false.
Bentuk umum nya adalah seperti ini :
While kondisi
Statement
End while.
Nah sekarang mari kita praktekkan untuk proses perhitungan mulai dari angka 1 sampai 5 dengan menggunakan kondisi perulangan while end, maka hasilnya akan seperti ini :
angka = 1 
total = 0 
While angka < 6 
total += angka 
angka += 1 
End While
Nah, disini kita menggunakan dua variable, yaitu variable angka dan variable total, variable angka dan variable total nilai awalanya sudah ditetapkan terlebih dahulu. Karena kita mulai menghitung nya dari angka 1 maka variable angka nilai awalnya adalah 1, kemudian variable total nilai awal nya adalah 0 karena digunakan sebagai awal penjumlahan.
While “angka < 6” ini adalah kondisinya, jadi selama nilai dari variable angka lebih kecil dari 6 maka program akan terus menjalankan statement yang ada didalam blok program while.
Penulisan “total += angka” sama saja seperti “total = total + angka”, ditulis seprti itu hanya untuk memperingkas saja.
Begitu juga dengan “angka += 1” sama saja seperti “angka = angka + 1”.
Jadi selama nilai variable angka lebih kecil dari 6 maka variable total akan terus ditambahkan dengan variable angka dan variable angka akan terus ditambah satu, begitu seterusnya.
Dan ketika nilai dari variable angka sudah diluar kondisi atau sudah bernilai false dalam artian “nilai nya sudah tidak lebih kecil dari 6” atau “nilai nya sudah sama dengan atau lebih besar dari 6” maka program akan berhenti dari proses looping, program sudah tidak menjalankan statement yang ada didadalm while…end while lagi.
Kalau kita ingin menjumlahkan yang dimulai dari angka 1 sampai 1000 maka listing program nya sama seperti yang diatas, hanya kondisi nya yang diubah.
angka = 1 
total = 0 
While angka < 1001 
total += angka 
angka += 1 
End While
Maka program akan terus looping sampai nilai dari variable angka “tidak lebih kecil dari 1001 atau sudah lebih besar dari 1000”.
  • Selnajutnya adalah Do…Loop.
Statement Do…loop ini digunakan jika kita ingin mengulang suatu blok program sebanyak yang diperlukan, dengan kata lain perulangan Do…Loop ini akan berjalan selama suatu kondisi terpenuhi atau sampai suatu kondisi tercapai.
Nah itulah kenapa Do…Loop ini dibagi lagi menjadi dua bagian, ada “Do while…Loop” atau “Do…Loop while” dan ada “Do…Loop Until”.

“Do While…Loop” atau “Do…LoopWhile” digunakan untuk mengulang suatu blok program selama kondisinya terpenuhi, contohnya gini :
Angka = 1
Do While angka < 6
Angka = Angka + 1
Loop
Nah pada listing program diatas nilai dari variable angka sudah ditetapkan yaitu 1, kemudian ada statement perulangan Do…Loop, selama kondisi nya terpenuhi maka program akan terus menjalankan statement yang ada didalam Do…Loop yaitu selama nilai dari variable angka lebih kecil dari 6 (Bener kan angka 1 lebih kecil dari 6?) maka nilai dari variable angka akan terus ditambah 1 “Angka = Angka + 1”.
Nah terus apa bedanya “Do While…Loop” dengan “Do…Loop While”? “Do While…Loop” digunakan jika pengujiannya dilakukan pada awal blok program, sementara “Do…Loop While” digunakan jika pengujiannya dilakukan di akhir blog program.
Sekarang “Do…Loop Until” digunakan untuk mengulang suatu blok program sampai suatu kondisi terpenuhi.
Contoh kita ingin menambahkan sejumlah angka yang dimulai dari angka 1 sampai 5 maka listing programnya adalah sebagai berikut :
Angka = 1
Total = 0
Do
Total = Total + Angka
Angka = Angka + 1
Loop until angka = 6
Program diatas akan melakukan perulangan sampai nilai dari variable angka = 6, kalau sudah mencapai 6 maka program akan berhenti melakukan perulangan.
  • For…Next
Kalau For…Next digunakan untuk mengulang suatu statement sebanyak jumlah yang sudah ditentukan.
Contoh, misalkan kita ingin menjumlahkan angka dari 1 sampai 5, maka listing programnya adalah sebagai berikut :
Total = 0
For Angka = 1 to 5
Total = Total + Angka
Next
Bedanya dengan While…end while maupun Do…Loop adalah pada For…Next kita tidak perlu melakukan proses penambahan lagi pada variable Angka karena sudah secara otomatis melakukan penambahan dirinya sendiri pada saat pengulangan, ini terjadi karena ada “to” yang akan merubah sendiri nilai dari variable angka.
Nah itu tadi berbagai jenis perulangan pada VB.Net, sekarang mari kita coba praktekkan dengan membuat sebuah program sederhana yang berisi perulangan dengan VB.Net.
Disini kita akan membuat proram pengurutan angka yang nilai awal dan nilai akhirnya ditetapkan oleh pengguna, jadi kita disini menggunakan inputan untuk menentukan nilai awal dan nilai akhirnya.
Pertama sobat bikin desainnya terlebih dahulu seperti ini :
Nah terus sobat ganti nama-namanya menjadi seperti dibawah ini :
Desain program diatas terdiri dari “7 Label”, “4 Listbox”, “4 Button”, dan “2 Tetxtbox”. Untuk penginputan nilai awal ada di textbox1(sebelah kiri) dan penginputan nilai akhir ada di textbox2(sebelah kanan), sementara untuk semua listing program akan ditulis pada sub-routine “Button”.
Hasil dari button1 untuk perulangan “While…End While” nanti akan ditampilkan di ListBox1, begitu juga dengan button2 yang berisi perulangan “Do While…Loop” akan ditampilkan di ListBox2 dan begitu seterusnya.
Sekarang mari kita koding disetiap Button.
Double Klik pada Button1 dan koding seperti ini :

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Dim angka_awal, angka_akhir As Integer         
angka_awal = TextBox1.Text        
angka_akhir = TextBox2.Text 
ListBox1.Items.Clear()         
While angka_awal < (angka_akhir + 1)
ListBox1.Items.Add(angka_awal)    
angka_awal = angka_awal + 1 
End While 
End Sub
Disini kita menggunakan dua variable yaitu variable “angka_awal” dan variable “angka_akhir” dengan tipe data integer, nilai dari kedua variable tersebut tergantung dari yang diinput pada Textbox1 “angka_awal = Textbox1.text” dan Textbox2 “angka_akhir = Textbox2.text”.
Kemudian perintah “ListBox1.Items.Add(angka_awal)” adalah perintah untuk menampilkan nilai dari variable angka_awal di ListBox1.
ListBox1.Items.Clear() adalah perintah untuk membersihkan isi dari listbox1, jadi ketika menampilkan data baru, data yang sebelumnya akan dihapus terlebih dahulu sehingga tidak terjadi penumpukan data.
Double Klik pada Button2 dan koding seperti ini :
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click 
        Dim angka_awal, angka_akhir As Integer 
angka_awal = TextBox1.Text 
angka_akhir = TextBox2.Text 
ListBox2.Items.Clear() 
Do While angka_awal < (angka_akhir + 1) 
ListBox2.Items.Add(angka_awal) 
angka_awal += 1
Loop 
End Sub
Masih sama seperti diatas, menggunakan dua variable yaitu variable nilai_awal dan nilai_akhir.
Double klik pada Button3 dan koding seperti ini :

Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        Dim angka_awal, angka_akhir As Integer 
angka_awal = TextBox 1.Text
angka_akhir = TextBox2.Text 
ListBox3.Items.Clear() 
Do 
ListBox3.Items.Add(angka_awal) 
angka_awal += 1 
Loop Until angka_awal > (angka_akhir) 
End Sub
Double klik pada Button4 dan koding seperti ini :

Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        Dim angka_awal, angka_akhir As Integer 
angka_awal = TextBox1.Text 
angka_akhir = TextBox2.Text 
ListBox4.Items.Clear() 
For angka_awal = angka_awal To angka_akhir 
ListBox4.Items.Add(angka_awal) 
Next 
End Sub
SHARE

Rava Nasution

I'm Rava Nasution, Writer and Accountant. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com